Selasa, 13 Februari 2024

PEMIMPIN KITA SUDAH DI TENTUKAN

Hari ini Rakyat Indonesia punya hajat besar yakni Pesta Demokrasi untuk menentukan Pemimpin nya .

Sebenarnya Pemimpin kita sudah di tentukan Alloh Subhanahu wa Ta'ala melalui firman Nya :

إِنَّا كُلَّ شَىْءٍ خَلَقْنَٰهُ بِقَدَرٍ

" Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran ." QS Al Qamar 49 .

Rasullullah ﷺ bersabda :

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ فَقَالَ لَهُ : اكْتُبْ ، قَالَ : رَبِّ وَمَاذَا أَكْتُبُ ؟ قَالَ : اكْتُبْ مَقَادِيرَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ

" Awal makhluk yang Allah Subhanahu wa Ta'ala ciptakan adalah pena , lalu Dia berkata kepada pena , ‘Tulislah .’ Pena berkata , ‘Apa yang aku tulis ? ' Allah berkata , ‘ Tulislah apa yang akan terjadi dan apa yang telah terjadi hingga hari Kiamat ." HR Ahmad .

Maknanya Allah Ta'ala telah menentukan ( Taqdir ) segala sesuatu hingga Hari Kiamat .

Termasuk Pemimpin Negeri ini untuk masa bakti 5 tahun ke depan telah di tentukan Nya dan tertulis di Lauhul Mahfudz .

Hanya saja taqdir termasuk perkara ghaib . Kita tidak mengetahui taqdir kecuali setelah terjadi .

Allah Ta'ala berfirman :

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

" Katakanlah : “ Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib kecuali Allah ." QS An Naml 65 .

وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًاۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌۢ بِاَيِّ اَرْضٍ تَمُوْتُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

"  Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui ( dengan pasti ) apa yang akan di kerjakannya besok . Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati . Sungguh , Allah Maha Mengetahui - Maha Mengenal ." QS Luqman 34 .

Ketidaktahuan mengenai taqdir yang akan terjadi merupakan ruang bagi manusia untuk berusaha merubah keadaan mereka .

 ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

" Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka ." QS Ar Ra'd 11 .

Dan Perhelatan Pemilu 2024 merupakan ikhtiar Bangsa Indonesia merubah keadaan mereka .

Tiap-tiap Warga Negara berikhtiar sesuai kapasitas ilmu pengetahuan mereka . Namun hasilnya mutlak Hak Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga ketika ternyata kandidat yang ia pilih kalah maka hatinya berlapang dada menerima Ketentuan Nya serta meyakini apa yang Allah Ta'ala taqdirkan adalah yang terbaik bagi Bangsa ini .

Beriman kepada Taqdir akan melembutkan hati kita serta meredam hawa nafsu berupa permusuhan terhadap mereka yang berbeda pilihan .

Penting untuk di ingat bahwa kedhaliman adalah malapetaka di Akhirat . Hak sesama manusia akan di hisab pada Hari Perhitungan Amal .

Janganlah mudah menjatuhkan kehormatan Seseorang dengan caci maki bahkan fitnah karena kelak akan di tuntut di Pengadilan Zat Yang Maha Adil .

Jangan sampai kita bangkrut di Akhirat karena berbuat dhalim hanya karena berbeda pilihan .

Rasullullah ﷺ bersabda :

إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلَاةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ

" Muflis ( Orang yang bangkrut ) dari umatku ialah orang yang datang pada hari Kiamat membawa ( pahala ) sholat , puasa dan zakat namun ( ketika di dunia ) dia telah mencaci dan menuduh orang lain , makan harta , menumpahkan darah dan memukul orang lain ( tanpa hak ). Maka orang-orang itu akan di beri pahala dari kebaikan-kebaikannya . Jika telah habis kebaikan-kebaikannya maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya kemudian dia akan di lemparkan ke dalam Neraka .” HR. Muslim .

Semoga Allah Ta'ala melapangkan hati kita untuk menerima segala Ketentuan Nya serta menganugerahkan kepada kita Akhlak Mulia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar